5 Cara Menghilangkan Kebosanan di Kereta Api

5 Cara Menghilangkan Kebosanan di Kereta Api

Blog Adi Permana –

Naik kereta api tetap menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang. Harganya lebih murah, anti macet, dan kini si “ular besi” pun sudah diperbaharui armadanya. Kelas ekonomi menjadi sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Bagi teman-teman yang sering melakukan perjalanan jauh naik kereta api, tentu pernah mengalami rasa jenuh berjam-jam di dalam gerbong? Hanya bermain handphone tentu ada bosen juga, apalagi jika kuota habis, wah bisa mati gaya hanya melihat ke jendela.

Baca: Pengalaman Naik Kereta 24 Jam Bandung-Banyuwangi

Saya mencoba mengkompilasi beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan saat berada di kereta api untuk menghindari bosan selama perjalanan.

1. Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi pilihan utama untuk menghilangkan kejenuhan selama perjalanan. Bawalah buku bacaan yang ringan agar pikiran tidak lelah. Tapi balik lagi ke selera sih, saya lebih senang dengan novel, atau mungkin teman-teman bisa membawa buku yang saat ini sedang dibaca, siapa tahu bisa hatam saat di kereta ‘kan?

baca buku di kereta api
Baca buku di kereta api

2. Membaca Koran atau Majalah

Jika kasusnya tak sempat membawa buku, mungkin karena lupa, teman-teman bisa membeli koran atau majalah. Meskipun sekarang berita-berita sudah ada di handphone, tapi membaca koran atau majalah memiliki suasan yang berbeda, konten beritanya pun beda. Menurut penelitian, mata tak akan mudah lelah jika membaca dengan medium kertas dan lebih fokus juga. Kalau membaca di handphone kan sering kali terganggu dengan notifikasi ya.

Baca: Gengsi Baru Naik Kereta Api Ekonomi

3. Main Game di Handphone

Nah ini mungkin kebiasan yang sering dilakukan seorang gamers untuk mengisi waktu kosong di kereta. Kalau sudah diniatkan untuk main game, persiapkan kuota dan bawa charger. Jangan lupa membawa headset juga agar tak mengganggu penumpang lain.

Nah jika naik keretanya bareng rame-rame bareng teman, main game ludo bisa jadi pilihan.

4. Main Uno

Bagaimana jika kasusnya baterai handphone habis, sedang susah sinyal? Teman-teman bisa juga main Uno atau main kartu lain. Tahu kan jenis permainan itu? Pasti bakalan seru apalagi kalau bareng teman-teman. Dijamin waktu perjalannya gak akan terlalu terasa lama.

5. Ngobrol dengan Penumpang Lain

Saya pernah naik kereta hampir 24 jam. Kebayang dong bagaimana bosannya di dalam gerbong. Jika sudah melakukan aktivitas di atas, tapi tetap juga bosan, sementara perjalanan masih lama, tak ada salahnya untuk mengobrol dengan penumpang lain. Meskipun tak kenal, ya kenalan, basa basi sedikit. Siapa tahu dapat jodoh di gerbong, ‘kan alhamdulillah banget ya. Hehe.

Sekian, selama mencoba ya!

Adi Permana
Latest posts by Adi Permana (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *