Belajar Soal-soal CPNS? Nonton Youtube Aja

Belajar Soal-soal CPNS? Nonton Youtube Aja

*Disclaimer: tulisan ini tak menjamin Anda bisa lolos CPNS. Semua itu bergantung pada usaha, doa, dan kehendak dari-Nya.

Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 sampai sekarang masih berlangsung. Setelah proses seleksi administrasi selesai pada akhir tahun 2019, kini panitia tengah melakukan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan computer (CAT).

Seleksi SKD ini memang tidak diselenggarakan secara serentak dalam satu waktu, setiap daerah memiliki jadwalnya masing-masing. Misalnya, saya kebagian tanggal 6 Februari 2020, teman saya ada yang seminggu sebelumnya, dan seminggu setelah saya.

Nah karena seleksinya tidak diselenggarakan secara serentak dalam satu waktu, banyak sekali ulasan-ulasan atau review soal di internet. Tapi bukan berarti bocoran dengan kunci jawabannya ya, ini hanya bocoran jenis-jenis soal apa saja yang muncul. Pemerintah sendiri telah mengeluarkan kisi-kisinya kok.

Karena banyaknya review tersebut, ada sisi positif dan negatif tentunya. Sisi positifnya adalah kita bisa lebih efektif dan efisien dalam belajar. Tapi sisi negatifnya, menurut pengalaman pribadi juga, jadinya kita lebih tegang, dag-dig-dug, menuju pelaksanaan tes. Sebab, banyak peserta yang bilang bahwa soalnya sulit, ada juga yang bilang mudah, bahkan ada yang lulus passing grade dan tidak. Bagi saya sih itu nambah tegang. Selain itu, setiap orang pun tentu akan berbeda jenis soalnya, nah di situlah ujian keberuntungan kita.

Tapi percayalah, hasil belajar tidak ada yang sia-sia. Saya pun banyak belajar sesuai dengan bocoran dari teman-teman, dan kebetulan soal-soal itulah yang keluar. Alhamdulillah.

Belajar? Youtuban Aja

Tidak ada cara lain kecuali belajar kalau ingin lolos seleksi tes CPNS. Bagaimana kalau malas, atau yang sibuk, mana sempat belajar dan buka buku. Jangan dulu risau, di zaman sekarang, banyak plarform yang menyediakan cara belajar lebih mudah anti ribet. Berikut rekomendasinya.

1. Youtube

Belajar di youtube aja. Tidak usah ribet, tinggal beli kuota yang banyak, lalu tonton deh. Apalagi banyak youtuber yang sampai ngotret dan ngasih penjelasan secara detail. Sangat membantu sekali. Apa saja akun youtube yang bagus?

Nihongo Mantappu

Akun youtube pertama adalah Nihongo Mantappu. Di bukan akun yang secara khusus ngulas soal-soal CPNS sih, lebih ke iseng-iseng aja. Tapi memang karena orangnya pinter, dia bikinlah tantangan mengerjakan soal dalam 30 detik. Sangat membantu saya untuk mengerjakan soal TIU matematika. Lihat saja vidio berikut ini.

Mohammad Arif

Beda dengan akun yang pertama, Channel Mohammad Arif ini memang akun khusus yang banyak mengulas soal-soal CPNS beserta tips dan triknya. Paket komplitlah, mungkin kalau nonton semua vidionya, kita tak usah capek belajar lewat buku sepertinya.

 

Viracun

Kalau channel ini mirip dengan sebelumnya, sama-sama khusus mengulas soal-soal CPNS juga. Dia juga seorang ASN/PNS yang lolos CPNS. Jadi isi vidionya seperti berbagi tips dan pengalaman kesuksesannya dulu saat ikutan tes.

 

2. Belajar dari Web ayocpns.com

Nah selain nonton Youtube, kalau ternyata tertarik dan ingin lebih serius lagi belajarnya, bisa membuka web ayocpns.com.

Tampilan web ayocpns.com

Web tersebut menyajikan fitur aplikasi yang lengkap, mulai dari materi, tips dan trik, kisi-kisi soal, soal dan pembahasan, tryout dan statistik tryout. Kalau punya duit lebih, bisa beli paket premium.

Adi Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *