Jurnal #31 Berakhir untuk Berlanjut

Jurnal #31 Berakhir untuk Berlanjut

Awal tahun ini, saya membuat sebuah tantangan untuk diri sendiri menulis #SebuahJurnal dalam 30 hari. Pada prosesnya, saya tidak terlalu memikirkan kualitas konten tulisan, prioritas utama adalah kontinuitas dari menulis. Atas dasar komitmen pada rencana tersebut, jurnal berhasil saya tulis tepat 30 hari. Alhamdulillah, selesai juga meskipun banyak drama yang dihadapi antara kesibukan kantor, belajar, dan agenda dadakan lainnya.

Sebagai informasi saja, jurnal edisi pertama yang saya tulis adalah cerita tentang bersepeda ke Subang tepat di tanggal 1 Januari 2020. Tentu itu adalah pengalaman baru, karena saya biasanya hanya bersepeda di sekitaran Bandung. Setelahnya, ada makna yang saya dapat yaitu tentang persahabatan. Lewat sepedahan, saya menjadi lebih bisa mengenal dua orang kawan saya.

Baca: Jurnal #1 Sepeda Sahabat

Lalu jurnal terakhir, yang terbit pada 1 Februari 2020, juga bercerita tentang pengalaman baru. Untuk pertama kalinya, saya berlari kelas Half Marathon 21 Kilometer. Ini perdana dalam hidup saya berlari sejauh itu dengan waktu kurang lebih 2 jam. Sama dengan jurnal pertama, jurnal terakhir pun ada makna yang saya dapat. Ternyata, lari selain bisa menyehatkan tubuh, juga bisa meningkatkan kesehatan mental. Karena lari marathon ujiannya bukan hanya fisik, tapi juga belajar memotivasi diri, menempa diri. Konsep ini bisa kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Baca: Jurnal #30 Lari Maraton, antara Ujian Fisik dan Mental

Perlu kalian ketahui, dari 30 jurnal yang saya tulis, hanya 10 edisi yang benar-benar melalui konsep matang. Edisi jurnal lainnya adalah bagian dari cerita keseharian saya yang idenya muncul-muncul tiba. Ya, idenya itu kadang muncul tatkala saya sedang berkendara di motor, menunggu lampu merah, bertemu teman baru, ngobrol dengan kawan lama, perjalan ke suatu tempat, lalu menimbulkan kesadaran bagi saya untuk ditulis. “Wah ini sepertinya bisa jadi tema untuk jurnal hari ini.” Begitu kira-kira.

Selama perjalan menulis jurnal ini, tentu banyak hal positif yang saya dapat.

1. Saya menjadi lebih jujur pada diri sendiri;

2. Menimbulkan kesadaran bahwa manusia itu kalau “terpaksa” maka dia akan bisa dan belajar melakukannya;

3. Kemampuan menulis yang semakin terasah;

4. Menjadi seseorang yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar;

5. Menambah wawasan karena setiap menulis harus membaca beberapa referensi;

6. Bisa sharing pengalaman kepada orang lain;

7. Belajar sabar karena setiap menulis selalu ingin segera selesai, dan menerbitkannya tanpa dibaca ulang; dan

8. Belajar dari kesalahan lewat kritik dan saran dari para pembaca.

Itulah nutrisi-nutrisi yang dapat saya serap lewat tantang #SebuahJurnal ini. Yang tentu saja akan sangat bermanfaat bagi hidup saya.

Pada edisi kali ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada teman-teman yang sudah rela meluangkan waktu membaca jurnal-jurnal saya tersebut. Ya meskipun sebagian besar adalah cerita tentang pengalaman pribadi, mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa bermanfaat atau setidaknya ada pesan yang bisa dipetik untuk teman-teman semua.

Nah selepas misi menulis jurnal 30 hari ini berakhir, tiba-tiba saya kepikiran bagaimana kalau dilanjutkan saja ya. Setidaknya, ada kekhasan konten untuk blog saya ini. ‘Kan bosen juga jika isinya hanya review, jalan-jalan, ngasih opini, rekomendasi dll.

Akhirnya, saya memutuskan untuk melanjutkan tulisan jurnal pada blog ini. Namun memang konsepnya tidak akan seperti sebelumnya yang setiap hari mesti menulis. Tidak, cape cuy ternyata hehe. Jurnal kali ini akan menjadi catatan harian saya yang ditulis tanpa ikatan waktu yang jelas. Seperti jurnal-jurnal sebelumnya, karakter tulisannya tetap berkonsep catatan harian, dan pengalaman hidup yang diakhiri sebuah pelajaran atau konklusi.

Foto diambil di Waduk Bajulmati, Banyuwangi.

Jadi, sampai bertemu di jurnal saya berikutnya ya. Jangan bosan untuk membaca dan mengikuti perjalanan saya.

Dan tagline-nya tetap sama…

Salam Literasi | Jurnal #31

 

Adi Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *