Jurnal #33 Mandi Pagi

Jurnal #33 Mandi Pagi

Saya selalu mandi pagi sebelum memulai aktivitas. Mandi membuat tubuh dan pikiran menjadi segar dan lebih bersemangat. Coba saja rasakan sendiri.

Saya jarang mandi dengan air hangat, kecuali jika sedang kurang enak badan. Mandi dengan air dingin, meskipun cuaca dingin, dapat membuat tubuh lebih hangat karena badan kita mempunyai aplikasi yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Meskipun saat ini sedang #KerjaDariRumah (mencoba membuat istilah lain dibanding #WFH), mandi pagi tetap saya lakukan. Saya atur alarm setiap pukul 07.30 WIB untuk mandi, dilanjutkan salat sunat duha, berjemur, dan pukul 08.30 WIB baru membuka laptop karena harus bersiap rapat pada pukul 09.00 WIB. Semua itu dilakukan setiap Senin-Jumat atau di hari kerja. Tapi untuk Sabtu-Minggu, saya melonggarkan jadwal: yang penting dalam satu hari itu harus mandi.

manfaat mandi pagi
Ilustrasi mandi (Sumber foto: pixabay)

Mandi pagi juga membuat mood lebih baik. Pekerjaan sehari-hari saya adalah menulis dan mengedit. Setelah mandi pagi, saya merasa bisa lebih fokus saat membuat tulisan, atau mengedit berita. Apalagi jika diiringi musik, selain mood semakin baik, pikiran juga tak mudah bosan.

Bagaimana jika ada orang yang tak suka mandi pagi, apalagi dengan air dingin? Ya tak apa, mungkin itu berkaitan dengan kebiasaan, kebutuhan, atau ketersediaan. Tapi sangat disayangkan karena orang tersebut tidak bisa merasakan manfaat dan kenikmatan mandi pagi.

Manfaat Mandi Pagi

Berbicara manfaat mandi pagi, ternyata cukup menarik. Menurut sumber yang saya kutip di sini, mandi pagi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, tetapi juga membuat kita lebih “hidup” dan bersemangat menghadapi hari. Bahkan, mandi pagi juga bisa mempersiapkan diri untuk menerima tekanan yang dihadapi serta mengurangi peradangan kulit. Masih menurut artikel tersebut, mandi pagi memiliki manfaat lain seperti meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kondisi kulit dan ambut, serta membantu meningkatkan fokus.

manfaat mandi pagi
Ilustrasi mandi pagi (Sumber foto: pixabay)

Bahkan, ada yang lebih menarik lagi manfaat mandi pagi. Seperti yang saya lihat di sini, mandi pagi ternyata dapat meringankan batuk, meningkatkan kesuburan, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, dan merasa lebih enerjik.

Terlepas dari apakah berdasarkan riset atau hanya opini, ada benarnya juga beberapa manfaat di atas. Buktinya, karena sering mandi pagi, saya merasa jarang sakit dan tidak mudah sakit. Tapi tentu saja, jika ingin lebih sehat ada baiknya didukung oleh gaya hidup sehat lainnya: makanan, olahraga, istirahat. Apalagi di tengah wabah virus korona seperti sekarang, kita harus selalu sehat, dan sistem imun tubuh harus kuat.

Jadi, apakah kalian sudah mandi sebelum membaca jurnal ini?

 

Salam literasi

Jurnal #33

Adi Permana

One Comment

  1. Perlu usaha lebih untuk bisa mandi pagi ketika semua aktivitas di rumah. 😁 But, you always do that good habits 👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *