Jurnal #7: Bekerja Bukan Sekadar Bekerja

Jurnal #7: Bekerja Bukan Sekadar Bekerja

Bekerja bagi saya bukan hanya soal mencari uang. Lebih dari itu adalah bagaimana kita bisa semakin berkembang dan menghasilkan karya. Memang tidak salah juga jika kita bekerja dengan orientasi pada penghasilan, karena hidup memang harus realistis di satu sisi. Tapi di samping itu, kita juga mesti memikirkan aspek pengembangan kompetensi diri.

Masa sampai pensiun ingin bekerja begitu terus? Apakah tidak bosan dan tak ingin menemukan tantangan? Itulah pertanyaan yang harus sedari awal dipikirkan ketika memilih pekerjaan. Terutama bagi perusahaan yang tidak ada jenjang karier atau peluang pengembangan diri kedepannya. Untuk sekadar batu loncatan dan menambah pengalaman, itu silakan saja.

Di awal-awal, terutama saat masih fresh graduate, saya belum terpikirkan tempat pekerjaan yang ideal dan nyaman. Yang terpenting adalah setelah lulus bisa segera bekerja, lalu punya penghasilan, dan terbebas dari sebutan pengangguran. Tapi itu tak mudah, apalagi bagi seorang fresh graduate yang tidak mengantongi hard skill dan soft skill lebih.

Namun setelah benar-benar merasakan dunia pekerjaan hingga beberapa bulan, bayangan untuk pindah dan mencari pekerjaan baru pun mulai terasa. Bukan tak mau bersyukur atau tidak puas dengan posisi saat itu, tapi saya merasa butuh batu loncatan baru untuk menemukan apa yang dicari dan dinginkan.

Bekerja sambil Berkarya

Berdasarkan pengalaman pribadi, mungkin kalian bisa sependapat ataupun tidak, setelah beberapa tahun bekerja saya baru merasakan bahwa yang namanya penghasilan itu akan mengikuti seiring dengan kompetensi kita. Jenjang pendidikan pun bukan jaminan dalam hal ini.

Bekerja sambil menghasilkan karya adalah acuan saya saat ini. Orientasi pun telah berubah dari bekerja hanya untuk diri sendiri atau tempat kerja, melainkan juga sedikitnya bisa berdampak pada sekeliling. Di situlah hadir kepuasan sendiri yang diiringi dengan apresiasi tentunya.

Lantas bagaimana jika kasusnya begini. Jangankan mengembangkan diri, untuk kebutuhan sehari-hari pun sulit tercukupi? Ini memang berat untuk dijawab. Namun menurut pemahaman saya, bekerja adalah bagian dari ikhtiar untuk menjemput rezeki. Dan rezeki sendiri ada banyak bentuknya. Tidak hanya melulu soal uang. Gaji boleh saja kecil, tapi selama disyukuri, dan kita mau terus berusaha, segala kemungkinan lain di luar kendali kita, bisa saja hadir.

Salam literasi

 

Adi Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *