Contoh Lengkap dan Cara Menulis Berita Straight News

Contoh Lengkap dan Cara Menulis Berita Straight News

Seri kuliah jurnalistik kali ini, kita akan membahas mengenai contoh lengkap berita straight news. Diharapkan melalui tulisan ini, para pembaca sekalian dapat memahami sekaligus mampu membuat berita dengan baik dan benar.

Seperti kita ketahui, berita memiliki ragam jenisnya. Ada yang disebut straight news, soft news, feature, investigation news, depth news. Namun bagi Anda calon wartawan yang baru akan terjun ke dunia jurnalistik, atau bagi mahasiswa yang sedang belajar ilmu kejurnalistikan, sangat penting untuk belajar menulis berita jenis straight news. Sebab merupakan teknik penulisan berita dasar yang harus dimiliki oleh setiap wartawan.

Apa itu straight news?

Straight news adalah berita langsung. Istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki beberapa arti sebagai berikut: langsung, lurus, jujur, sederhana, terus terang dll.

Beberapa orang menyebut istilah straight news sebagai berita cepat. Karena membutuhkan kecepatan itulah, maka teknik penulisannya sederhana, langsung kepada inti informasi/masalah yang ingin disampaikan, akan tetapi tetap mengedepankan akurasi.

Berita straight news sangat cocok dipakai untuk informasi yang aktual atau sangat bernilai kebaruan. Berita yang masuk kategori ini setidaknya harus memenuhi tiga unsur berikut ini:

1.Aktual

Berita aktual artinya yang paling terbaru, atau memiliki kebaruan. Contohnya adalah tentang peristiwa, kejadian, benca alam, dan kategori lainnya.

2. Cepat

Cepat di sini berarti informasinya harus segera disampaikan. Maka dari itu, kecepatan sangat diperlukan oleh wartawan untuk menulis berita straight news. Jika ditunda sampai besok, misalnya, maka tidak akan aktual lagi. Sudah basi beritanya.

3. Kelengkapan Data

Kelengkapan data berhubungan dengan akurasi. Seperti berita pada umumnya, straight news juga mesti memiliki kelengkapan data sebelum disampaikan kepada publik. Seringkali, aspek ini diabaikan sehingga informasinya tidak akurat. Media-media online seringkali berlomba-lomba siapa cepat menerbitkan berita namun abai soal akurasi.

Dewasa ini, semakin banyaknya media online, persaingan informasi pun semakin sengit. Masing-masing media tentu akan berlomba paling cepat menerbitkan berita di portal mereka. Untuk itu, teknik menulis berita sangat banyak dipraktikkan di media-media online dan kompetensi wajib bagi wartawan.

Baca: Pengertian dan Karakteristik Bahasa Jurnalistik

Bahkan jika kita perhatikan, saking cepatnya ditulis, peristiwa yang baru saja berlangsung dalam 10-15 menit kemudian sudah terbit di media online.

Mengapa bisa secepat itu? Karena kunci karakteristik media online adalah kecepatan. Data sedikit pun dapat dijadikan berita. Biasanya, ada strategi khusus untuk membuat berita cepat. Para wartawan media online biasa menyebutnya sebagai running news.

Apa itu running news? Itu maksudnya adalah informasi tentang suatu kejadian yang dikemas secara beruntun dari berbagai sudut pandang.

Misalnya ada peristiwa tabrakan, maka wartawan tidak hanya menulis satu berita saja, melainkan membuat dalam beragam angle. Wartawan media online sudah sangat mahir “menyicil” fakta dan data untuk disampaikan dalam beberapa berita.

Cara menulis straight news

Berikut ini saya memberikan beberapa tips dan cara menulis berita yang sering dipraktikkan oleh media online. Saya mengambil contoh berita tentang bencana alam dengan konsep running news.

Contoh ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sebagai wartawan, dan juga banyak dilakukan oleh media online. Pada praktiknya di lapangan, tentu akan sangat berkembang dan beragam.

Berikut adalah tips dan cara menulis berita untuk kejadian bencana alam:

  1. Peristiwa kejadian awal. Ini ditulis sebagai berita paling awal. Datanya bisa didapat dari informasi singkat dan sederhana misalnya dari Twitter BPBD atau pesan WhatsApp beberapa kalimat dari narasumber
  2. Data hasil konfirmasi. Setelah menulis berita awal, wartawan akan mewawancarai narasumber terkait sebagai informasi yang utuh, informasi yang valid, dan informasi yang lebih jelas tentang kejadiannya
  3. Jumlah korban. Setelah wawancara, pasti banyak data yang wartawan dapatkan, salah satunya adalah apakah bencana alam tersebut menelan korban?
  4. Pantaun lokasi kejadian. Pada tahap ini, setelah wartawan menulis informasi secara wawancara—biasanya lewat telepon, tentu itu tidaklah cukup. Maka wartawan akan mengecek ke lokasi kejadian
  5. Saksi mata. Di lokasi kejadian, wartawan akan lebih banyak mendapatkan data, salah satunya dari hasil wawancara dengan saksi mata kejadian
  6. Komentar ahli/pakar. Hal ini bisa juga dilakukan wartawan untuk mengungkap fakta-fakta secara ilmiah mengapa bisa terjadi bencana alam
  7. Pemberian bantuan. Ini juga sering menjadi sudut pandang berita oleh wartawan. Meskipun kurang menarik.
  8. Proses evakuasi dan penanggulanan bencana alam
  9. Fakta dan data. Selain wawancara, media online juga kerap kali mengungkap fakta-fakta atas kejadian. Biasanya berisi rangkuman tentang peristiwa. Hal ini bisa didapat dari hasil wawancara dengan narasumber terkait. Wartawan bisa bertanya, pada tahun ini sudah berapa kejadian bencana alam terjadi, dll
  10. Berita utuh. Bisanya dilakukan dengan teknik depth news. Wartawan akan menulis mulai dari awal kejadian sampai tahap pemulihan. Karena beritanya mendalam, proses menulisnya membutuhkan waktu. Tetapi ini merupakan bagian dari konsep running news.

Apakah sudah jelas? Itulah 10 teknik pembuatan berita straight news yang kerap saya temui di media-media online, dan juga berdasarkan pengalaman pribadi tatkala menjadi wartawan. Anda tentu sering membaca berita-berita media online dengan pola seperti itu kan? Itulah yang dinamakan running news alias “nyicil berita”.

Mengapa perlu belajar menulis straight news?

Menulis berita straight news bisa disebut sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap wartawan. Dengan demikian, wartawan bisa terlatih menulis cepat dalam waktu singkat, akan tetapi tetap mengutamakan keakuratan informasi dan data.

Baca: Piramida Terbalik: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh

Apalagi di era sekarang, wartawan sudah tidak membutuhkan lagi komputer atau laptop untuk menulis berita. Mereka cukup menggunakan telepon pintar. Dengan telepon pintar, berita lebih cepat dibuat, serta lebih mudah dikirim ke meja redaksi untuk diedit oleh editor.

Contoh straight news

Sebagai referensi, berikut ini saya merangkum beberapa contoh straight news dengan konsep running news dari media online detik.com yang saya kutip Kamis (25/6/2020). Beritanya tentang peristiwa bencana alam gempa bumi dan tsunami di Meksiko.

Berita pertama tentang peristiwa tsunami di Meksiko yang dipicu akibat gempa

Gempa magnitudo (M) 7,4 terjadi di Meksiko Selatan. Warga berlarian ke jalanan kota. Menurut Reuters, Selasa (23/6/2020) Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan kekuatan gempa sekitar 7,4. Gempa tersebut berpusat di negara pantai Pasifik Oaxaca. Gempa terjadi sekitar pukul 10.29 pagi waktu setempat.

Kedua tentang korban tewas

Satu orang dikabarkan tewas akibat gempa M 7,4 yang terjadi di Meksiko Selatan. Gempa juga mengakibatkan tsunami lokal di pantai yang terdapat di negara bagian Oaxaca. Menurut laporan Reuterus yang dikutip Rabu (23//2020), seismologis Meksiko mengatakan telah terjadi tsunami lokal di Pantai Oaxaca. Gelombang air laut dilaporkan setinggi 60 Cm (2 kaki) di Pantai Huatulca.

Ketiga tentang peringatan dini tsunami berakhir

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik Amerika Serikat secara resmi telah mengakhiri peringatan dini tsunami terkait gempa magnitudo (M) 7,4 di Meksiko Selatan. Peringatan tersebut diakhiri sekitar tiga jam setelah terjadinya gempa.

Keempat tentang informasi terbaru jumlah korban

Badan Perlindungan Sipil Meksiko menyebutkan sedikitnya empat orang tewas pascagempa M 7,4 di Meksiko Selatan. Selain itu gempa juga telah memutus akses jalan akibat tertimbun reruntuhan batu di pegunungan dekat ibu kota negara bagian Oaxaca.

Kelima tentang fakta

Gempa dengan magnitudo 7,4 terjadi di Meksiko Selatan. Gempa yang disertai peringatan tsunami itu sempat memicu situasi yang gawat. Berikut ini alah tiga fakta terkait gempa di Mexico.

Kesimpulan

Dari contoh tersebut, ada informasi yang kurang yaitu mengenai komentar dari pengamat atau ahli. Mungkin karena dikutip dari media luar negeri, sehingga tidak dilakukan wawancara kepada ahli. Namun lazimnya, yang sering saya temui, media hampir selalu mewawancara pakar/ahli tentang perisitwa tersebut.

Jadi, secara sederhana, sebetulnya menulis straight news itu cukup mudah dan sederha. Anda hanya butuh keterampilan melihat suatu peristiwa dan menuliskannya dengan cepat. Memang yang paling sulit adalah soal kecepatan karena wartawan mesti berlomba dengan media online lain. Namun semakin sering berlatih, kemampuan ini akan semakin terasa. Percalayah. Semoga tulisan ini bermanfaat, sekian.

Baca: Panduan Menulis Kalimat Langsung dan Tidak Langsung dalam Berita

Adi Permana
Latest posts by Adi Permana (see all)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *