Perbedaan News dan Views

Perbedaan News dan Views

Perbedaan News dan Views

Dalam dunia jurnalistik, ada yang disebut dengan news (berita) dan views (opini). Dua hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para pembaca media massa, terutama media cetak, untuk bisa membedakan mana berita dan mana opini. Dalam tulisan ini, saya ingin membahas secara singkat apa yang dimaksud dengan news dan views tersebut. Pada tulisan ini pun saya ingin memfokuskan pembahasan pada media cetak.

Pengertian News

News atau berita dapat diartikan sebagai informasi yang disampaikan melalui media massa yang berisi fakta atau data tentang suatu peristiwa. Berita ini memiliki dua jenis, ada yang disebut hard news dan soft news. Hard news ini biasanya terdapat pada berita langsung (straight news) yang disampaikan secara cepat melalui media-media daring. Sementara soft news terdapat pada berita-berita feature, depth news, dan investigation news yang dari sisi jumlah kata lebih banyak, disertai kedalaman informasi.

Para pembaca koran bisa dengan mudah menemukan news ini dari halaman muka (headline) dan di setiap halaman, kecuali halaman khusus iklan (adverticement)

Pengertian Views

Sementara itu, views atau opini, bisa diartikan sebagai pendapat pribadi seseorang, juga media massa terhadap satu hal. Views ini bukanlah berita karena berisi opini-opini pribadi. Sehingga isinya bisa sangat subjektif. Namun seperti halnya berita, opini pun kaya akan informasi yang bisa memuka pikiran dan menambah wawasan kita sebagai pembaca media cetak.

Views ini ada macam-macam bentuknya seperti opini, kolom, karikatur, tajuk rencana, pojok, surat pembaca dll. Untuk opini tersendiri, biasanya ditulis oleh tokoh, ahli, profesor, yang punya kompetensi. Sementara surat pembaca biasanya ditujukan kepada masyarakat yang ingin complain atas suatu hal. Lalu tajuk rencana, adalah pendapat dari media massa yang ditulis—biasanya—oleh pemimpin redaksi media.

Menemukan Perbedaan News dan Views

Sebuah media massa yang baik, harus senantiasa menjaga “garis api” antara news (berita) dan views (opini). Kedua hal tersebut tidak boleh dicampuradukan karena akan membuat pembaca bingung memilah informasi kedepannya.

Sebetulnya sangat mudah menemukan perbedaan antara news dan views di media cetak sebab seharusnya sudah ada porsi tersendiri di judul. Dalam koran, ada yang dikenal sebagai rubrik. Nah untuk rubrik opini biasanya dibuat khusus dengan judul beragam; opini, kolom, sisi lain; sudut pandang, dll.

Berikut ini contohnya yang saya temuka di Harian Umum Pikiran Rakyat.

perbedaan news dan views media massa
Halaman muka dan halaman opini Pikiran Rakyat. (Foto: Adi Permana)

Dari gambar tersebut, sangat jelas bisa ditemukan perbedaan antara news dan views di surat kabar. Dan dalam hal ini, Pikiran Rakyat sudah sangat betul dengan memisahkan antara rubrik berita dan opini secara khusus.

 

*Sekian, semoga bermanfaat, saran dan kritiknya silakan disampaikan dalam kolom komentar ya. Terima kasih banyak.

Adi Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *