Juara 2 Lomba Fotografi

Juara 2 Lomba Fotografi

Pada 2 Februari 2019 lalu, saya mengikuti kegiatan Diskusi dan Workshop Arsitektur dan Fotografi yang diselenggarakan oleh Program Studi Arsitektur pada Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) Institut Teknologi Bandung.

Workshop dan pelatihan tersebut diisi oleh Ir. Eko Purwono dosen di SAPPK ITB dan Ir. Gunawan Wibisana MSP.,MM.,LRPS.,PSA seorang fotografer yang karya-karyanya sudah diakui dunia. Selain workshop, dalam kegiatan yang diikuti oleh peserta dari berbagai kampus dan sebagian daerah di Indonesia itu juga menggelar lomba fotografi dengan tema tentang fotografi arsitektur.

Foto yang diperlombakan adalah foto-foto hasil hunting di sekitar kampus ITB. Setiap peserta diberikan waktu sekitar 2 jam untuk hunting, hasil dari foto kemudian diberikan kepada dewan juri yaitu Gunawan Wibisana.

Saat pengumuman lomba, foto saya berhasil menarik perhatian juri dan meraih juara kedua.

Portofolio Adi Permana
*Para pemenang berfoto bersama usai pengumuman lomba. By the way, saya ada di tengah ya 🙂

Berikut ini beberapa hasil foto saya yang dilombakan pada acara tersebut:

  1. Foto Arsitektur
*Foto ini yang berhasil menarik dewan perhatian dewan  juri dan meraih juara 2. Penilaiannya dari komposisi gambar, simetrisasi gambar dan warna atau pencahayaan.2. Foto Gedung Labtek VIII ITB
Gedung Labtek VIII ITB
*Ini foto kedua yang saya berhasil diambil saat proses hunting. Di dalam foto ini, saya mencoba teknik low angle, ISO direndahkan, dan bukaan lensa sedikit diperkecil untuk menangkap awan dan warna langi. Juga sedikit tambahan memakai framing dari bunga di sana.

3. Gedung Campus Center Timur

Gedung Campus Center Timur ITB
*Pada foto ketiga ini, saya ingin memperlihatkan aktivitas manusia dan juga arsitektur dari gedung tersebut. Sedikit diisi dengan framing dari daun tumbuhan. Saya juga mencoba menerapkan teknik rule of third.

4. Tugu di ITB

Tugu di Kampus ITB
*Foto terakhir ini sebagai pelengkap hasil hunting saya. Lewat foto ini saya hanya ingin mengambil teknik siluet dengan tetap terlihat bentukan cahaya matahari. Sedikit diber frame hitam di foto tersebut untuk menambah kesan siluet.

Manfaat yang Didapat

Setelah mengikuti kegiatan diskusi dan workshop tersebut, tentunya menambah pengetahuan saya tentang persfektif baru di dalam fotografi, yaitu tentang kolerasi antara arsitektur dan fotografi. Ini penting terutama untuk seorang arsitek dan fotografer dalam menyampaikan pesan atau keindahan sebuah bangunan. Tidak hanya bangunan modern, tapi juga bangunan tradisional. Selain itu, para narasumber juga memberikan teknik, tips dan beberapa contoh bagaimana memotret yang baik dan benar,

Arsitektur dan Fotografi, Adi Permana
*Foto bersama setelah acara selesai, Saat mengikuti kegiatan tersebut, saya merupakan delegasi dari Humas ITB. Could you find me? hehe
Adi Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *