Bakso Anggrek Bandung dengan Kuah Rasa Soto

Bakso Anggrek Bandung dengan Kuah Rasa Soto

Blog Adi Permana —

Selain menjadi tempat favorit untuk berwisata alam, Bandung juga sangat terkenal akan wisata kulinernya. Belum lengkap rasanya kalau jalan-jalan ke kota Paris Van Java ini tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Bicara soal kuliner, apalagi kalau sedang tengah hari, biasanya banyak orang ngidam makanan berkuah-kuah dan pedas. Nah kali ini, saya mau merekomendasikan salah satu makanan yang cukup favorit bagi orang Indonesia, yaitu bakso.

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Hampir di seluruh wilayah Nusantara, selalu ada penjual bakso dengan rasa khas daerah masing-masing tentunya. Yang paling terkenal, biasanya bakso Malang. Saya sebetulnya penasaran dengan rasa asli bakso Malang, kok sampai cabangnya ada di mana-mana. Ada yang pernah? Silakan share ya!

Bakso Rudal Anggrek

Tempat makan bakso yang saya rekomendasikan adalah Bakso Rudal Anggrek, di Jalan Anggrek, Kota Bandung. Lokasinya sekitar 100 meter dari Taman Super Hero dan bisa pula diakses dengan mudah dari Jalan Supratman (kalau dari arah Jalan Jakarta).

Tempat jualan bakso asli asal Solo ini berada di atas trotoar jalan dengan memakai tenda sebagai penutupnya. Untuk lebih gampangnya, bisa gunakan aplikasi google maps agar lebih precise karena sudah terdeteksi.

Bakso tersebut sepertinya memang sudah ada di sana sejak lama di sana, karena saat melihat review di google juga sudah banyak.

Review Baksi Anggrek Bandung
Sumber: Google
Review Bakso Anggrek Bandung
Sumber: Google

Harganya relatif murah menurut saya, kalau dibandingkan dengan tempat bakso lainnya. Satu porsi bakso besar di Bakso Anggrek harganya Rp 18.000 dan untuk yang jumbo Rp 20.000. Adapula porsi sedikit, dan itu lebih murah lagi. Selain bakso, di sana juga ada menu lainnya yaitu mie yamin.

Full of Meat

Kelebihan dari bakso ini terletak di kuah dan baksonya. Kuahnya sangat gurih khas soto Solo. Sementara baksonya sangat banyak dagingnya. Saat makan di sana, saya pesan mie yamin porsi besar, tapi karena masih lapar pesen lagi yang porsi jumbo tanpa sayur dan mie. Makannya berdua kok, tenang, jadi jangan disebut rakus ya. Jam buka bakso tersebut dari pukul 11.00 – 18.00 WIB.

Bakso Anggrek Bandung
Penjual Bakso Anggrek memanfaatkan trotoar sebagai lokasi jualan dengan ditutup oleh tenda. Beginilah suasana di dalamnya. (Adi Permana)

 

Review Bakso Anggrek Bandung
Bakso Jumbo tanpa sayur dan mie. Satu porsi bakso ini harganya Rp 21.000. Cocok buat kantong di kala akhir bulan dan kuliner murah, meriah, tapi tetap enak. (Foto: Adi Permana)

Sesuai dengan tagline-nya, murah meriah bersih, bakso ini memang meskipun berada di pinggir jalan tapi sangat rapi dan bersih. Pelayanannya pun cepat. Konsumen tidak terlalu lama menunggu untuk pesanan makanannya. Meskipun waktu itu lumayan ramai.

Itu saja review kali ini. Dan sepertinya, tempat tersebut bakal jadi lokasi favorit saya untuk makan bakso. Mohon maaf fotonya tidak terlalu banyak karena tadinya tidak akan direview sebetulnya hehe.

Adi Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *