Kapan Waktu Terbaik untuk Renang?

Kapan Waktu Terbaik untuk Renang?

Blog Adi Permana – Kapan kira-kira waktu yang terbaik untuk berenang? apakah pagi, sore, atau malam hari? Beberapa di antara kalian yang suka berenang mungkin pernah bingung menentukan kapan waktu yang tepat dan nyaman untuk berenang. Berikut ini saya mencoba untuk mengulasnya.

Saya pernah melakukan survei kecil-kecilan mengenai hal tersebut, dan jawabannya ternyata beragam. Semua itu bergantung pada beberapa aspek berikut ini;

Kesegaran

Melakukan aktivitas olahraga di pagi hari tentu sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga pendapat beberapa orang, renang di pagi hari antara pukul 07.00 – 08.00 WIB memberikan sensasi kesegeran berbeda. Bisa jadi ini berhubungan dengan kondisi udara yang masih segar, sinar matahari yang hangat, dan air kolam yang masih fresh. Saya pun tipe orang yang senang renang di waktu ini, karena siang hari sampai malamnya harus beraktivitas.

Habis berenang, kita juga bisa sedikit berjemur di kala matahari baru terbit. Kalau dalam Bahasa Sunda namah “sakalian bari moyan”.

Akan tetapi sayangnya, kadang pagi hari terlalu dingin untuk renang sehingga bikin kita malas untuk beraktivitas. Apalagi jika weekend, ya kan.

Kenyamanan

Setiap orang punya mood yang berbeda-beda untuk berenang. Ada yang merasa malas renang pagi karena air dan udaranya masih dingin–bawaannya masih ingin “tarik selimut”. Adapula yang renangnya lebih nyaman di kala sore, atau malam sambil melepas penat setelah seharian bekerja/beraktivitas.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Berenang di Bandung

Aspek kenyamanan ini juga bisa dipengaruhi suasana dan kondisi di kolam renang. Misalnya, renang pagi terkadang sering banyak orang, sehingga kurang nyaman, dan leluasa untuk berenang. Sementara sore atau malam bisa jadi lebih sedikit dan sepi. Itu masuk akal juga. Jadi pilihlah yang paling kalian nyaman untuk berenang.

Rutinitas setiap orang juga tentu saja berbeda, apalagi untuk yang sudah bekerja yang mana setiap pagi atau bahkan sampai sore disibukkan dengan pekerjaannya. Bagi yang sudah bekerja seperti saya, waktu renang yang paling memungkinkan adalah saat weekend. Di luar itu, sepertinya sulit untuk berenang baik di pagi, sore, maupun malam.

Faktor Cuaca

Bagian ini sepertinya cukup menarik untuk dibahas. Seperti kita ketahui, beberapa orang terkadang suka khawatir kalau berenang membuat hitam kulit. Lalu ada teman saya yang mengatakan bahwa renang pagi hari itu bisa membuat kulit cepat hitam. Benarkah demikian?

Secara logika bisa saja betul. Sebab terkadang, kita ingin sedikit berlama-lama di air kan kalau berenang, karena keasikan di air itulah kita jadi lupa waktu. Sementara matahari, makin naik ke atas kan makin panas, jadi wajar kalau kulit menjadi makin gelap.

Hal tersebut berbeda jika dibandingkan sore hari atau malam hari yang relatif lebih teduh. Tapi faktor ini sebetulnya dipengaruhi oleh tempat renang. Jika memang lokasinya di tempat indoor, kapan pun waktu renang tidak akan memengaruhi perubahan warna kulit. Tapi terkadang, renang di tempat indoor itu lebih mahal saja harganya sih. Hehe.

Kesehatan

Lalu bagaimana dengan faktor kesehatan? Saya sebetulnya kurang begitu tahu bagaimana efek terhadap tubuh jika renang di tiga waktu berbeda tersebut. Akan tetapi, karena renang bagian dari olahraga, sepertinya akan tetap baik untuk kesehatan. Sebab renang dapat melatih semua otot di dalam tubuh kita.

Baca juga: Pengalaman Renang di Saraga, Berasa Latihan Jadi Atlet

Seperti halnya lari, renang juga sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap orang. Tidak usah terlalu lama, 30 menit dalam sehari juga sudah cukup, menurut saya.

**

Pada kesimpulannya, menurut saya waktu renang terbaik adalah di pagi hari dari pukul 07.00 – 08.00. Kemudian, paling nyaman dilakukan pada sore hari dari pukul 15.00 – 17.00 WIB. Malam hari? Saya kurang menganjurkan karena malam itu sebaiknya dipakai untuk beristirahat. Tapi jika tidak punya waktu lain, boleh saja asal jangan terlalu malam. Nanti malah masuk angin.

Tapi sebetulnya, kapan pun waktu renangnya, yang menyenangkan itu jika bareng sama teman-teman. 😊 Kita bisa saling mengoreksi teknik berenang satu sama lain, jika ada yang belum bisa renang bisa sambil belajar. Habis itu lalu main air dan pulangnya bisa mampir ke mamang-mamang bakso. Sekian.

Renang bareng teman-teman kantor di Saraga. Kita biasanya renang di Sabtu sore, karena kalau pagi pada takut eksotis kulitnya 🙂
Adi Permana
Latest posts by Adi Permana (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *