Car Free Day Dago, Olahraga Sambil “Cuci Mata”

Car Free Day Dago, Olahraga Sambil “Cuci Mata”

Blog Adi Permana –

Car Free Day (CFD) Dago masih menjadi tempat favorit bagi masyarakat Kota Bandung untuk berolahraga atau sekedar jalan santai. Beberapa komunitas sepeda, seperti sepeda Ontel Bandung yang sering banget saya temui di sana, selalu menjadikan tempat tersebut untuk meet point. Istilah kerennya kongkow bareng.

Lokasinya yang strategis di sekitar pusat Kota Bandung, membuat CFD Dago sangat ramai dikunjungi masyarakat. Nah, bagi yang pernah atau sering ke sana, pasti selalu menemukan kegiatan menarik seperti senam bersama, sosialisasi, penggalangan dana, kampanye lingkungan, peringatan hari-hari besar nasional, karnaval, konser musik, dan masih banyak lagi.

Misalnya saja pada Minggu, 25 Agustus 2019 lalu. Tidak biasanya CFD sangat ramai sekali dengan acara sampai jalan kaki pun sedikit macet. Saya kebetulan orang yang sering ke CFD Dago setelah sepedahan atau lari keliling beberapa jalan di Bandung. Salah satu spot yang selalu menarik adalah di depan Hotel Geulis. Di sana biasanya sering sekali ada konser dari band-band lokal atau pertunjukan seni. Ya, itung-itung hiburan gratis setelah olahraga. Kadang suka joged bareng juga kalau bandnya seru.

Berikut beberapa kegiatan di CFD Dago yang berhasil saya abadikan memakai kamera handpone.

 

Bersih-bersih CFD Dago
Aksi salah satu komunitas membersihkan jalan di CFD Dago (Foto: Adi Permana)

 

Musik Perkusi CFD Dago
Seorang anak kecil sedang menyaksikan pertunjukan musik perkusi di CFD Dago (Foto: Adi Permana)

 

Paskibra CFD Dago
Pasukan Pengibar Bendera berbaris rapi untuk memeriahkan acara peringatan hari veteran nasional 2019. (Foto: Adi Permana)
Veteran CFD Dago
Memakai seragam era kolonial dalam rangka memeriahkan hari Veteran Nasional 2019 (Foto: Adi Permana)

 

Veteran Nasional CFD Dago
Para pejuang kemerdekaan duduk di kursi roda mereka dengan seragam lengkap khas pejuang veteran. (Foto: Adi Permana)

 

Veteran Pejuang Kemerdekaan
Veteran Pejuang Kemerdekaan. (Foto: Adi Permana)

 

Karnaval CFD Dago
Seorang anak memakai pakaian unik khas karnaval di CFD Dago. (Foto: Adi Permana)

 

Karnaval CFD Dago
Peserta karnaval berjalan di sepanjang CFD dengan menggunakan pakaian unik. (Foto: Adi Permana)

Bagi yang belum tahu di mana lokasi CFD Dago, itu terletak di Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) dari simpang Cikapayang sampai pertigaan Jalan Dayang Sumbi. Kegiatan CFD Dago kalau tidak salah mulai ada di Bandung sejak 2009 atau 2010. Selain di Jalan Dago, CFD yang cukup terkenal lainnya juga ada di Jalan Buah Batu. Waktu pelaksanaannya yaitu dari pukul 06.00 – 09.30 WIB.

CFD Dago secara resmi dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung. Jadi, kalau mau izin menyelenggarakan acara di sini, bisa melakukan koordinasi dengan tim dinas tersebut.

Secara lokasi, CFD Dago terbilang paling nyaman dan sejuk. Saya merekomendasikan untuk datang di bawah pukul 08.00 WIB agar dapat udara sejuk Kota Bandung. Apalagi di Dago masih dikelilingi pohon-pohon besar (seperti pohon trembesi di SMAK Dago).

Kontur jalannya pun sedikit menanjak ke arah utara. Jadi, ada sedikit challenging buat yang mau jogging, jalan santai, atau sepedahan. Kalau mau lebih berkeringan, bisa gabung dengan yang sedang senam. Spotnya banyak tidak hanya satu bahkan.

Selain olahraga, bagi yang hobi kuliner, di CFD Dago juga surganya. Lapak-lapak dagangan itu biasanya ada di sepanjang Jalan Ganesa, dan Jalan Hasanudin (Samping Rumah Sakit Santo Borromeus). Setelah kuliner, belum lengkap rasanya kalau tidak shoping. Di sana juga ada pasar tumpah, tapi tidak terlalu banyak. Biasanya yang sering saya temui itu pedagang pakaian olahraga, sepatu, kaos, dan pedagang aksesoris sepeda.

Kalau mau belanja lebih lengkap, dari CFD Dago bisa melanjutkan berjalan kaki ke arah Jalan Dipatiukur menuju Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) atau bisa juga ke Jalan Surapati (bawah flyover) ke arah Gasibu. Percis di seberang lapangan Gasibu adalah pasar tumpah tersebut—yang sering macet kalau pakai kendaraan 🙂

Buat yang hobi fotografi, di CFD Dago tentu saja sangat cocok buat hunting. Saat saya wartawan, setiap Minggu selalu ke sana untuk mengecek siapa tahu ada agenda menarik yang bisa diliput, dan ternyata beberapakali sering ada.

So, what are you waiting for? CFD Dago recommended buat yang ingin olahraga sekaligus “cuci mata” dengan event yang menarik.

Adi Permana

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *